Apa Itu Virus Ransomware dan Berikut Jenisnya

Apa itu Virus Ransomware

Virus Ransomware Apa yang terlintas di benak kalian tentang malware ini? Mungkin bagi orang awam, kalian tidak akan menghiraukannya. Namun tahukah anda virus Ransomware Wannacry yang saat ini sedang heboh di bicarakan oleh dunia maupun Indonesia adalah salah satu jenis malware?

Belakangan ini sejumlah media kerap membahas tentang aksi peretasan. Bahkan belakangan ini Menkominfo juga memberikan saran untuk mengantisipasi virus jenis baru yaitu Wannacry. Virus wannacry yang di lancarkan oleh para hacker secara masif ke seluruh dunia ini membuat banyak pihak kewalahan. Bahkan korban-korbanya juga beberapa dari Indonesia. Namun apa sebenarnya tujuannya

Menurut perusahaan keamanan F-Secure, virus Ransomware adalah sebuah jenis malware atau program berbahaya yang dibuat dengan tujuan untuk memeras korban dan meminta uang. Faktor tebusan berupa uang memang sudah menjadi ciri khas sebuah ransomware.

Pengguna yang terserang virus ransomware dipastikan akan dimintai tebusan sejumlah uang dalam bentuk Bitcoin ke hacker yang menyebarkan ransomware tersebut. Itulah sebabnya virus Ransomware juga dikategorikan sebagai crimeware.

Jenis Ransomware

Hingga saat ini virus ransomware dibagi dalam dua kategori berdasarkan modus pemerasannya. Pertama adalah Crypto Ransomware, yang bekerja dengan cara mengunci seluruh file yang ada di komputer korban. Setelah itu, korban akan dihubungi dan dimintai tebusan sejumlah uang dalam bentuk bitcoin jika ingin datanya bisa diakses kembali.

Crypto Ransomware memanfaatkan teknik penguncian file melalui kriptografi, sehingga pengguna tidak bisa mengaksesnya. File tersebut harus didekripsi atau dibuka kuncinya agar bisa kembali diakses. Jenis malware ini salah satunya adalah WannaCry yang sedang menghebohkan dunia.

Jenis kedua adalah Police-Themed Ransomware. Berbeda dengan Crypto Ransomware yang memanfaatkan data terkunci untuk memeras korbannya, virus Ransomware ini memeras dengan cara langsung. Setelah berhasil menginfeksi komputer korban, biasanya ia akan menampilkan pesan bahwa komputer tersebut telah dikunci oleh badan penegak hukum legal.

Korban kemudian diminta untuk mengirimkan sejumlah uang “denda” ke alamat tertentu yang tentu saja berujung pada dompet sang hacker. Tidak jarang varian police themed ransomware ini juga ikut mengunci akses komputer sehingga terlihat seperti benar-benar dikunci oleh pihak berwajib.

Sumber : http://teknologi.metrotvnews.com/news-teknologi/8ko0JLdK-pirates-of-the-caribbean-dibajak-hacker-minta-tebusan

Leave a Reply