Ditangkap! Admin Akun Instagram yang Sebar Chat Palsu ‘Kapolri-Kabid Humas Polda Metro Jaya’

JagadNews – Admin Akun Instagram yang Sebar Chat Palsu  – Beberapa waktu lalu sempat viral screenshoot percakapan Kabid Humas Polda Metro Jaya dengan Kapolri singgung kasus Rizieq Shihab dan Firza Husein, diunggah oleh akun @muslim_cyber1. Ternyata diklarifikasi pihak Polri percakapan tersebut adalah hoax.

Polri pun kemudian menindaklanjuti kasus tersebut dengan melacak pemilik akun tersebut. Melansir Tribratanews.polri.go.id, Selasa (23/5/2017) sekitar pukul 05.00 WIB, pemilik akun tersebut akhirnya tertangkap Satgas Medsos Dittipid Siber Markas Besar Polri.

Admin Akun Instagram yang Sebar Chat Palsu

Admin akun muslim_cyber1 diketahui berinsial HP (22), tertangkap di rumahnya Jl Damai No 90 RT 09 RW 04 Kel Cipedak Kec Jagakarsa Jakarta Selatan. Polisi juga menyita beberapa barang bukti dalam penangkapan tersebut antara lain: 1 Unit HP Xiaomi type note 3, 1 Simcard XL dan 1 Simcard 3.

Alasan tersangka ditahan bukan hanya karena mendistribusikan “fake chat” antara Kapolri dengan Kabid Humas PMJ tentang kasus Habib Rizieq Shihab dan Firza Husein, namun juga beberapa postingan/capture yang mengandung unsur SARA melalui media sosial akun Instagram muslim_cyber1.

Admin Akun Instagram yang Sebar Chat Palsu
Admin Akun Instagram yang Sebar Chat Palsu

Tersangka HP diduga telah melanggar pasal 45 (2) Jo Pasal 28 (2) UU No 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 16 Jo Pasal 4 huruf b angka 1 UU No 40 thn 2008 Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

Diberitakan sebelumnya, screenshoot tersebut diunggah oleh sebuah akun Instagram dengan nama @muslim_cyber1, Rabu (17/5/2017).
Terlihat dalam chat melalui aplikasi WhatsApp percakapan membahas tentang kasus pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Terlihat nama Kombes Yuwono yang mana diketahui adalah Kabid Humas Polda Metro Jaya. Berdasarkan keterangan yang dituliskan akun tersebut, chat tersebut dilakukan oleh Kapolri Tito Karnavian dengan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Agro Yuono.

“Nih bukti chatan pak.TITO KARNAVIAN dengan kombes pol YUWONO. Mereka panik dan akan mengintimidasi FIRZA dan akan memaksa FIRZA buat mengakui dengan paksa bahwa chatan yang di lakukan dengan HRS itu asli, padahal ketauan sendiri mereka panik dan takut ketahuan kalo chatan itu hanya di buat-buat…,” penggalan keterangan yang dituliskan akun muslim_cyber1.

Admin Akun Instagram yang Sebar Chat Palsu
Sebar Chat Palsu

Begini isi chat tersebut:

“Angkat lagi chat HRS, saya takut justru jadi bumerang untuk kita, karena sudah beredar video klarifikasi Anonymous bahwa mereka membantah telah meretas WA HRS, Pak Tito,”

“Di INewsTV juga Abah pakar telematika telah memaparkan analisinya dengan rinci bahwa chat & percakapan itu hoax.”

Tak diketahui siapa yang dimaksud Abah dalam chat yang dituliskan nama Kombes Yuwono tersebut.

Akun resmi Humas Polri juga melampirkan contoh screenshoot yang beredar dengan distempeli ‘HOAX’.

Tak hanya itu, ada pesan khusus yang diberikan seperti ini:

“Screenshoot percakapan Kabid Humas Polda Metro Jaya yang beredar di Media Sosial maupun di aplikasi chatting adalah HOAX. Saat ini banyak yang ingin mengadu domba pihak-pihak tertentu untuk menciptakan keadaan Kamtimbas yang tidak kondusif. So… cermati baik baik informasi yang kalian dapat.”

Leave a Reply