Foto Wajahnya Diunggah di Facebook, Buronan ini Menyerah

JagadNews – Seorang pria Inggris yang dicari polisi karena tindak kriminal, mendadak menyerahkan diri ke kantor polisi dengan pemintaan agar foto wajahnya diturunkan dari Facebook departemen kepolisian tersebut.

Menurut BBC, Senin 14 Agustus 2017, foto wajah Wayne Esmonde, 35 tahun, diunggah polisi ke Facebook Departemen Kepolisian South Wales pada pekan ini.

Cara ini adalah taktik baru pihak kepolisian di zaman digital seperti sekarang, dan terbukti efektif. “Saya memang dia. Tapi itu bukan foto wajah yang bagus,” tulis Esmonde.

Foto itu menunjukkan dia tengah menghadap kamera dengan mata sedikit melotot dan bentuk kuping yang sedikit aneh. “Saya akan menghargai jika Anda menurunkan posting itu. Harus dianggap tak bersalah sampai kemudian terbukti bersalah,” tulisnya lagi.

agen poker online terpercaya indonesia
agen casino online terpercaya
Dia mengatakan akan berkonsultasi dengan pembelanya dan akan menyerahkan diri dalam waktu dekat. Pihak kepolisian sendiri kemudian menurunkan foto tersebut dari Facebooknya.

Namun sial, media sudah mencium permintaan tak lazim Esmonde itu. Akibatnya, perhatian media membuat penangkapan yang tidak biasa itu menjadi komsumsi publik secara luas. Jauh lebih luas dari versi aslinya di Facebook.

Esmonde, yang berasal dari Forestfach, Swansea, Inggris, tengah dicari dalam hubungan dengan sebuah penyerangan pada tanggal 17 Juli lalu. Itulah alasan kenapa Kepolisian South Wales memuat wajahnya di Facebook resmi mereka.

Yang menarik, cara polisi memaksa buronan menyerah tanpa syarat ini barangkali patut ditiru.

Di zaman digital ini, bahkan seorang buronan lebih takut wajahnya dipublikasi di Facebook ketimbang mendekam dalam dinginnya tembok penjara.

Tinggalkan Balasan