WOW… Hanya 500 Orang yang Punya Paspor Terlangka di Dunia

Ordo Pemerintahan Malta mejalin hubungan diplomatik dengan 106 negara.

Beritauntukanda – Bukan hal yang asing lagi jika setiap paspor memiliki kekuatan yang berbeda-beda.

Beberapa paspor memang lebih kuat dibanding yang lain, satu di antaranya paspor Jerman. Paspor Jerman dianggap sebagai alat entri global terkuat di seluruh dunia.

Dilansir dari laman Travel and Leisure, pemegang paspor Jerman dapat mengunjungi 177 negara di dunia tanpa memerlukan visa. Tapi tahukah kamu, di samping paspor terkuat, ternyata ada pula paspor yang paling eksklusif di dunia juga lho.

Maksudnya, tidak sembarangan orang bisa memiliki paspor ini. Paspor istimewa tersebut dikeluarkan oleh Sovereign Military Order of Malta atau Ordo Militer Berdaulat Malta.

gula77.com

Perlu diketahui, lembaga Ordo Militer Berdaulat Malta ini setingkat dengan negara yang berdaulat dan terikat dengan hukum internasional.

Menurut the Independent, ordo Katolik, yang kedaulatannya diakui oleh Paus Paschal pada tahun 1113, merupakan rumah bagi paspor paling langka di dunia.

Bahkan, hanya ada 500 paspor yang beredar di seluruh dunia saat ini, menurut Ordo tersebut.

Menurut Ordo Pemerintahan Malta (the Sovereign Order of Malta), paspor diplomatik diberikan hanya kepada Anggota Dewan Penguasa (pemerintah), pejabat kepala dan anggota Misi Diplomatik (serta istri dan anak-anak mereka).

“Dan – dengan sangat sedikit pengecualian – kepada beberapa figur senior yang bertanggung jawab atas misi-misi khusus di dalam Ordo Malta,” tambahnya.

Paspor ini hanya berlaku selama empat tahun dan benar-benar terkait dengan durasi penugasan yang diberikan oleh Ordo.

Ordo Pemerintahan Malta mejalin hubungan diplomatik dengan 106 negara. Hal ini berarti semua negara tersebut menerima paspor diplomatik sebagai bentuk identifikasi yang sah.

Paspor diplomatik ini juga dilengkapi fitur biometrik dan disesuaikan dengan standar Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO/Civil Aviation Organization).

idrkasino.com

Saat ini, the Sovereign Order of Malta aktif di 120 negara. Mereka membantu merawat orang-orang yang membutuhkan melalui bidang medis, sosial, dan kemanusiaan.

Ordo ini utamanya juga terlibat dalam membantu orang-orang yang tinggal di tengah konflik bersenjata dan bencana alam.

Dan memiliki status sebagai pengamat tetap di PBB.

Selain itu, menurut situsnya, “Ordo ini bersifat netral, tidak memihak, dan apolitis.”

Seperti yang The Independent sebutkan, Ordo tersebut saat ini terdiri dari lebih dari 13.500 ksatria, dames, dan pendeta bersama dengan 80.000 relawan permanen dan 25.000 karyawan.

Jadi boleh dibilang, mendapatkan satu dari 500 paspor eksluksif ini bahkan bisa dibilang hal yang sangat langka di antara kelompok yang terbatas ini.

Leave a Reply