Luar Biasa, Inilah Barang Ekspor Korea Utara Untuk Menghadapi Krisis Ekonomi

Jagadnews – Korea Utara merupakan salah satu negara yang memiliki perekonomian dengan tingkat yang rendah. Hal ini di karenakan negara tersebut tidak memiliki hubungan diplomasi yang bagus dengan negara negara lain. Namun untuk mempertahankan kestabilan ekonomi negara, Korea Utara mengekspor barang-barang yang jarang di lakukan oleh negara lain.

Berikut barang barang Ekspor Korea Utara untuk menghadapi krisis Ekonomi Dunia

  • Misil Balistik

Salah satu alasan kenapa Korea Utara di musuhi oleh Amerika, adalah karena negara tersebut memiliki teknologi mutakhir. Siapa sangka karena hal ini juga negara ini bisa bertahan dan menghasilkan uang yang tidak boleh di anggap sebelah mata. Misil Balistik merupakan salah satu andalan mereka di pasar dunia. Setidaknya, tiap tahunnya Korea Utara menghasilkan sekitar $10 juta dari penjualan hasil ini.

Rudal Balistik

Pelanggannya sendiri adalah negara negara yang tengah di landa oleh konflik perang. Misalnya saja Pakistan dan Iran

  • Patung

Kalau kamu ke Korea Utara, pasti akan menemukan dua patung besar di salah satu sudut kota. Patung ini adalah Kim Il-Sung dan Kim Jong-Un. Uniknya siapapun yang ingin melihat patung tersebut harus memberikan penghormatan. Masih berhubungan dengan patung, ternyata benda artistik seperti ini juga jadi komoditi andalan Korea Utara.

Baca juga : Korut uji coba rudal, Jepang berstatus siaga

Kalau di Indonesia patung patung tersebut di kirim ke luar negeri dengan status sebagai barang seni atau cenderamata. Namun di Korea Utara, patung patung tersebut merupakan proyek dengan nilai kontrak yang besar. Salah satunya adalah karya terbesar yang pernah mereka buat patung Robert Mugabe, Presiden Zimbabwe dengan harga sekitar $5 juta.

Tak cuma itu, kembali ke tahun 2000 an, Korea Utara menerima pesanan pembuatan monumen perang dari Nambia dengan nilai proyek $ 60 juta. Pengerjaan patung patung ini sendiri ada di Mansudae Art Studio yang memperkerjakan 4 ribu orang seniman

  • Ekspor Tenaga Kerja

Korea Utara sama sekali bukan negara yang berlebihan dalam hal apa pun, kecuali pekerja. Alhasil, agar bisa berguna untuk negara dan mengurangi pengangguran, maka pemerintah Korea Utara mengirim para penduduknya untuk bekerja.

Dari bidang ini Korea Utara mendapatkan pendapatan yang sangat besar. Setiap tahunnya negara mampu mendapatkan pundi pundi hampir $ 2 milliar. Ada sekitar 40 negara yang sering kali menerima para pekerja Korea Utara, misalnya Timur Tengah, Afrik, Chinna, dan Rusia. Konon di Rusia sendiri ada sekitar 20 ribuan pekerja yang setiap tahunnya di ekspor.

  • Methamphetamine

Methamphetamine merupakan salah satu obat terlarang. Biasanya di gunakan sebagai pengganti ekstasi dengan efek yang lebih gila. Sedikit saja mengonsumsi Methamphetamine, maka si pengguna akan merasa  terbang, sulit tidur, tekanan darah naik, emosional dan sebagainya.

Methamphetamine

Nah siapa sangka obat terlarang tersebut di ekspor oleh Korea Utara. Bahkan konon bisnis barang haram tersebut sudah berlangsung sejak lama. Mekanisme penjualannya katanya juga lewat duta besar yang ada di berbagai negara. Untuk melindungi praktik ini, Korea Utara memanfaatkan hak imunitas diplomatis. Pembuatan, Packing dan sebagainya di proses di dalam negeri lewat industri-industri kecil.

  • Reaktor Nuklir

    reaktor Nuklir

Sebagai salah satu negara yang memiliki nuklir, Korea Utara tidak melewatkan kesempatan ini. Negara negara seperti Iran dan Syria di kabarkan melakukan transaksi proyek tersebut. Sayangnya untuk Syria, pembangunan Reaktor Nuklir tersebut di hancurkan Israel pasca perang.

Nah itulah barang barang yang di ekspor Korea Utara. Dibandingkan dengan negara lain, Korea Utara memang terbilang di kucilkan. Namun karena teknologi yang di miliki, mereka bisa bertahan dan di segani hingga sekarang.

Leave a Reply