Korut Luncurkan Rudal Misterius

JagadNews – Korea Utara (Korut) melepaskan sebuah rudal yang tidak dikenal pada Senin (29/5/2017) dari wilayah Wonsan di pantai timur. Demikian pernyataan militer Korea Selatan (Korsel), setelah serangkaian uji coba peluncuran rudal dalam beberapa pekan terakhir.

Korut Luncurkan Rudal Misterius

“Peluncuran tersebut segera dilaporkan kepada Presiden Moon Jae-in, yang langsung menelpon untuk melakukan sebuah pertemuan Dewan Keamanan Nasional,” kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Reuters.

Proyektil itu kemungkinan merupakan rudal balistik, kantor berita Korea Selatan Yonhap mengatakan dengan mengutip sumber yang tidak dikenal. Yonhap juga mengatakan proyektil ini kemungkinan masuk ke dalam zona ekonomi eksklusif Jepang.

Uji coba rudal terakhir yang dilakukan Korut terjadi pada 21 Mei lalu. Saat itu, Korut menembakkan rudal balistik ke arah laut di lepas pantai timurnya.

Sebelumnya, Korut juga telah melakukan uji coba sistem pertahanan udara baru. Uji coba ini disaksikan langsung oleh pemimpin Korut Kim Jong-un dimana ia memuji kemampuan sistem pertahanan tersebut. Menurutnya, sistem anti pertahanan udara Korut akan merusak mimpi musuh.

Tinggalkan Balasan