Mesir Temukan Ruang Pemakaman Putri Firaun

JagadNews – Kementerian Purbakala Mesir merilis penemuan ruang pemakaman putri firaun yang berusia 3.700 tahun. Ruang tersebut ditemukan di dekat piramida.

Kementerian menjelaskan ruang itu berada di sekitar wilayah kerajaan nekropolis Dahshur, di daerah selatan Kairo. Di ruangan tersebut terdapat sebuah kotak kayu yang diukir dengan huruf hieroglif (huruf mesir kuno).

Mesir Temukan Ruang Pemakaman Putri Firaun

Dilansir BBC, Jumat (12/5), di dalam kotak tersebut terdapat empat guci kanopi yang berisi organ manusia. Organ-organ tersebut diduga milik putri Raja Emnikamaw.

Jarak antara ruang pemakaman putri dengan piramida sang raja sekitar 600 meter. Sebulan sebelumnya, arkeolog Mesir menyelidiki sisa-sisa struktur batuan dengan 10 baris hieroglif yang bertuliskan nama Emnikamaw. Mereka juga menemukan sisa-sisa sebuah sarkofagus antropoid.

Untuk diketahui, Raja Sneferu dari dinasti keempat membangun piramida bersisi halus Mesir kuno di wilayah Dahshur sekitar 4.600 tahun yang lalu. Piramida tersebut setinggi 104 meter.

Raja Sneferu meninggal, kerajaan Mesir Kuno lalu jatuh ke tangan putranya bernama Khufu. Dalam kepemimpinannya, Khufu membangun piramida Giza yang jauh lebih tinggi dibanding piramida yang dibangun ayahnya, yaitu setinggi 138 meter. Piramida tersebut lalu masuk dalam daftar keajaiban dunia.

Para arkeolog Mesir kuno mengatakan bahwa sangat sulit membangun piramida terbesar, piramida Giza. Karena masyarakat Mesir Kuno menghitung jarak piramida dengan matahari, karena matahari adalah salah satu hal terpenting dalam kehidupan masyarakat Mesir kuno.

Ilmuwan masa kini pun mengakui kehebatan mereka dalam membangun piramida tersebut. Waktu, harta, dan tenaga yang dikeluarkan demi pembangunan piramida pun luar biasa banyaknya. Pembangunan piramida membutuhkan waktu sekitar dua puluh tahun dan mempekerjakan lebih dari sepuluh ribu budak, dan banyak nyawa yang melayang.

Tinggalkan Balasan