Pernah Lihat Kode Warna di Kemasan Pasta Gigi? Ternyata Ini Artinya

JagadNews – Warna-warni pada kemasan pasta gigi sering menjadi bahan rumor. Jika Anda memperhatikan saat membeli pasta gigi, Anda bisa melihat bahwa di bagian bawah tube pasta gigi terdapat gambar kotak kecil dengan warna tertentu. Kabarnya, warna ini mengindikasikan kandungan pasta gigi tersebut. Namun, arti sebenarnya dari kode warna tersebut bisa sangat mengejutkan Anda.

Benarkah kode warna pasta gigi menunjukkan kandungannya?

Menurut rumor, arti dari kode warna di kemasan pasta gigi adalah:

Biru: alami+obat
Hijau: alami
Merah: alami+komposisi kimia
Hitam: murni kimia

Rumor tersebut menyatakan bahwa gambar kotak atau persegi panjang berwarna yang terdapat pada bagian bawah tube pasta gigi mewakili komposisi produk yang terkandung di dalamnya: apakah bahan-bahannya natural, atau dari bahan kimia, atau mengandung obat.

manis77.net

Istilah-istilah ini tidaklah sepenuhnya membantu karena bahkan produk “alami” sekalipun tetap mengandung bahan kimia.

Namun, klaim bahwa kotak warna pada kemasan odol menunjukkan bahan kandungan dalam tube tersebut sepenuhnya merupakan salah paham, alias tidak benar.

Jadi, apa arti kode warna tersebut?

Kenyataannya, kotak warna pada tube tidak memiliki kaitan dengan isi pasta gigi. Kotak warna ini merupakan kode proses produksi yang disebut “color mark” atau “eye mark.” Tanda ini menunjukkan apakah kemasan harus dilipat atau dipotong saat diproses di mesin dengan kecepatan tinggi, dan tanda ini bisa dilihat menggunakan sensor sinar cahaya.

Kode warna ini biasanya menentukan apakah kemasan pasta gigi tersebut akan dipotong atau dilipat saat diproses di mesin dengan kecepatan tinggi.

Eye mark pada kemasan pasta gigi adalah mata listrik yang digunakan untuk mengidentifikasi tanda persegi panjang yang tercetak, paling sering terdapat di sepanjang tepi bawah kemasan. Tanda ini menunjukkan titik pada rangkaian produk tersebut di mana masing-masing kemasan akan dipotong.

idrkasino.com

Warna eye mark tidak hanya terbatas pada warna yang disebutkan di atas (dan mungkin tidak selalu ditampilkan pada kemasannya setelah jadi), dan warna yang berbeda cukup mewakiti berbagai jenis kemasan atau berbagai jenis sensor.

Bagaimana cara mengetahui kandungan pasta gigi?

Cara terbaik untuk memastikan komposisi odol yang Anda gunakan adalah dengan membaca informasi bahan yang tercetak pada kotak atau tube pasta gigi. Penting untuk tahu bahwa untuk menentukan kandungan pasta gigi, mengecek informasi bahan kandungan pada kemasan sudah cukup untuk membantu Anda menjadi lebih waspada terhadap produk tersebut. [bc]

Tinggalkan Balasan