Tak Setujuh dengan Syarat Arab Saudi, Hamas: Qatar Banyak Membantu Rakyat Palestina

Berita Internasional – Harakah Muqowamah Al Islamiyah (Hamas) menentang permintaan Saudi kepada Qatar untuk memutus hubungan dengan faksi yang berpusat di Gaza itu. Hamas menegaskan bahwa Qatar memiliki peran penting baik terhadap rakyat maupun dalam rekonsiliasi Palestina.

“Permintaan ini sangat tidak bisa diterima mengingat kenyataan di lapangan. Negara Bagian Qatar selalu menjadi pendukung penting rekonsiliasi Palestina dan telah memberikan semua bantuannya untuk membantu rakyat Palestina dan membela hak-hak mereka yang sah,” ungkap Hamas seperti dikutip dari laman resminya Hamas.ps pada Senin (20/11/2017).

Baca juga: UAE: Qatar Memiliki Dua Pilihan

Pada 5 Juni 2017 lalu, Arab Saudi dan sekutunya memutuskan seluruh hubungan diplomatik dengan Qatar, menuduh negara kaya gas itu mendanai kelompok “ekstremis”, termasuk Hamas. Lawan politik Fatah sudah menguasai Gaza sejak 2007, tetapi dianggap sebagai kelompok teroris oleh Amerika Serikat, Uni Eropa dan Israel.

Sebaliknya, Hamas menyerukan agar negara-negara Arab bersatu memberi mereka dukungan untuk melawan penjajahan Israel. Pasalnya, menurut mereka bahaya yang sesungguhnya di Timur Tengah adalah negara Israel.

Baca juga: Turki Desak Arab Saudi Cs Cabut Tuntutan Terhadap Qatar

“Hamas menyerukan kepada negara-negara Arab untuk mendukung perjuangan sah orang-orang Palestina melawan pendudukan Israel dan untuk memperkuat pemahaman dan keteguhannya di Palestina, mengingat bahaya yang dihadapi orang Palestina selama masa ini,” tegasnya.

Sementara itu, Arab Saudi yang menyerukan untuk memboikot Qatar telah memberikan sejumlah syarat untuk pemulihan hubungan antara Qatar dan negara-negara Teluk. Salah-satunya ialah Qatar harus mengusir anggota Hamas yang berkantor di Doha. [Kiblat]

Leave a Reply